Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 10 No 1 (2019): Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED PADA MATERI PECAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD STAHDS

I Ketut Kertayasa (STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Penyelesaian masalah matematika dengan cara mengingat rumus dan mengaplikasikan rumus yang telah dihapal berdampak pada rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual (non-routines). Oleh sebab itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran untuk memfasilitasi berkembangnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.Dari permasalahan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Sekolah Tinggi Agama Dharma Sentana (STAHDS) dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi pecahan dengan menggunakan pendekatanOpen-Ended.Metode yang digunakan dalam penelitian iniadalah metode penelitian yang dikembangkan oleh Takahashi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 43% mencapai level 4 (sangat kreatif) sisanya 57% mahasiswa mencapai menggunakan level 3 (kreatif) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada materi pecahan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Widya Genitri adalah jurnal yang diterbitkan oleh STAH Dharma Sentana Sulawesi Tengah mengundang para peneliti, dosen dan praktisi untuk mengirimkan artikel hasil penelitian dan pengabdian yang berkaitan dengan Agama dan Kebudayaan. Jurnal ini pertama kali terbit pada tahun 2012 dengan ...