JOURNAL FOR BUSINESS AND ENTREPRENEURSHIP
Vol 1, No 1 (2017): Journal for Business and Entrepreneurship

STRATEGI BERSAING KAOS KHAS BANYUWANGI “BLAM TEES”

Ratih Octaviri Yosita (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember)
Djoko Poernomo (Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2017

Abstract

Strategi bersaing adalah upaya yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam memenangkan sebuah pasar sasaran dengan cara memberikan keunggulan-keunggulan dalam bersaing, menganalisis pesaing serta melaksanakan strategi pemasaran yang bersaing yang efektif. Strategi bersaing akan berjalan dengan baik apabila perusahaan mampu menjelaskan keunggulan bersaing yang merupakan suatu nilai lebih dibanding pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan Porter's five forces analysis terdiri dari ancaman pendatang baru, persaingan di antara perusahaan yang telah ada, ancaman produk atau jasa pengganti, kekuatan penawaran pembeli, dan kekuatan penawaran pemasok. Informan yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang dipilih menggunakan metode purposive. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa strategi bersaing yang digunakan oleh “BLAM tees” antara lain fokus biaya rendah, inovasi produk, inovasi pemasaran, inovasi promosi, inovasi kemasan, inovasi sistem produksi serta mengeluarkan 2 desain baru setiap bulan. Kata Kunci:Porter's five forces analysis, Strategi Bersaing

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JBE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Journal for Business and Entrepreneurship merupakan sekumpulan artikel di bidang kajian ilmu administrasi bisnis dan kewirausahaan. Bidang kajian meliputi hasil penelitian tentang studi bisnis dan kewirausahaan meliputi pemasaran, keuangan, operasional, strategik, sumber daya manusia khususnya pada ...