Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi
Vol 7, No 1 (2018): Evaluasi Pembelajaran

PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN HUMANISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON

Nur hakiki (IAIN SNJ)
Ratna Puspitasai (IAIN SNJ)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2018

Abstract

ABSTRAK Latar belakang permasalahan penelitian ini terkait etika peserta didik disekolah tersebut dikatakan cukup memprihatinkan, disekolah tersebut telah menerapkan KURTILAS, dalam proes pembelajaran guru dituntut untuk dapat mengikuti kurikulum yang ada dengan pendekatan Scientific, guru berupaya semampunya dalam proses pembelajaran menggunakan metode bervariasi, didukung media disekolah cukup memadai, tetapi pada kenyataannya masih banyak peserta didik mengalami kesulitan, bahkan hasil belajarnyapun masih banyak siswa tidak mencapai KKM.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan pembelajaran humanistik pada pelajaran IPS kelas 7, untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran  IPS di kelas 7  setelah menggunakan pendekatan humanistik, untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar siswa kelas 7 di SMPN 8 Kota Cirebon.Pembelajaran dalam pendekatan humanistik dipahami sebagai pembelajaran yang mengarah pada proses memanusiakan manusia. Penelitian ini didasarkan pada sebuah asumsi bahwa pembelajaran harus memperhatikan siswa sebagai manusia yang memiliki karakter dan perbedaan individual. Siswa diarahkan agar dapat mengembangkan potensi dirinya tanpa ada tekanan, paksaan, ataupun kekerasan dari guru.Jenis penelitian ini kuantitatif Eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan datanya observasi ,wawancara, Tes (Pre-Post Test), Angket dan dokumentasi. Teknik analisi datanya uji skala prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, analisis butir soal, uji analisis korelasi, koefisien determinasi, analisis regresi linear, uji “t”. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas  7  dengan  sampel  2  kelas  (kelas  7  G  dan  7  H).Hasil  penelitian  ini berdasarkan  analisi  data angket  pembelajaran  humanistik  mendapatkan respon yang “cukup” dari siswa dengan interval presentase (41-60%). Hal ini ditunjukkan dengan sebagian besar siswa (41,55%)menjawab “setuju”. Hasil belajarnya diperoleh rata-rata nilai Post-Test 81,33, yang artinya hasil belajar siswa “baik” dengan interval persentase (76-85%). Hasil perhitungan spss v.22 menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan pada penerapan pendekatan pembelajaran humanistik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas 7 di SMPN8 Kota Cirebon. Kata Kunci : Pembelajaran, Humanistik, Hasil Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

edueksos

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial dan Ekonomi is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of basic education. It investigates the dynamics of teaching and learning of social education, social and economic problems in the society context of the primary, senior, and high education ...