Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains
Vol 1, No 1 (2019): Agustus 2019

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH MAKAN MAS AMIN AIR JOMAN KABUPATEN ASAHAN

Nurul Hafni (Unknown)
Halimahtussaddiah Marpaung (Unknown)
Putra Anshari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan. Sampel pada penelitian ini berjumlah 99 orang. Uji regresi linear berganda menghasilkan persamaan Y = 0,351 + 0,231 X1 + 0,178 X2 + 0,044 X3 + 0,037 X4 + 0,238 X5 +e. Berdasarkan hasil uji simultan, nilai Fhitung 120,419 > Ftabel 2,31 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima H1 dan dapat disimpulan, variabel tangible, relibility, responsiveness, assurance, emphaty berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan. Berdasarkan hasil uji parsial, Nilai thitung 5,733 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Tangible berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 5,300 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 2,382 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,019 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Responsiveness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 2,217 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Assurance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai thitung 5,725 > ttabel 1,98 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka Ho ditolak dan menerima H2. Artinya, variabel Emphatic berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Mas Amin Air Joman Kabupaten Asahan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mes

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi Sains (MES) merupakan wadah untuk publikasi artikel yang memuat tentang ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan inovasi lainnya yang berkaitan pada bidang manajemen dan ilmu ekonomi. Jurnal ini dipublikasikan dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universitas ...