Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 1, No 3 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (Juli 2016)

KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT BAJO DI DESA WABURENSE KECAMATAN MAWASANGKA KABUPATEN BUTON TENGAH

Herlina, Herlina (Unknown)
Surdin, Surdin (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2017

Abstract

"> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kondisi sosial ekonomimasyarakat Bajo di Desa Waburense Kecamatan Mawasangka Kabupaten ButonTengah. Jenis penelitian ini kualitatif dengan metode yang digunakan deskriptif.Penelitian lapangan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara, dan dokumentasi. Penarikan sampel menggunakan teknik ProportionalStratifield Ramdom Sampiling sehingga dari populasi 767 KK diperoleh sampelsebanyak 77 KK. Teknik analisisnya menggunakan teknik analisis persentase dandisajikan pada tabel distribusi. Hasil penelitian ini terdapat 53,25%, tingkat pendidikanberada pada Sekolah Dasar (SD). Hal tersebut menggambarkan bahwa, kondisipendidikan masih dikategorikan rendah.Ditinjau dari kondisi perumahan, sebanyak85.71% masih berada dalam kategori rendah yaitu rumah panggung yang terbuat daripapan, tetapi dapat dikatakan cukup baik karena telah memiliki MCK sendiri,penerangan dari PLN dan sumber air bersih dari PDAM.Ditinjau dari kondisi kesehatan,sebanyak 71.42% dikategorikan cukup. Hal itu ditunjukkan tidak ada responden atauanggota keluarga responden yang mengalami sakit keras. Kemudian dilihat dari tempatberobat dikategorikan cukup dengan persentase 63,64% memilih berobat ke puskesmasdengan alasan bahwa pelayanan yang baik serta pengobatan yang praktis, sertapengobatan medis yang baik.Sedangkan bila ditinjau dari kondisi ekonomi, sebanyak44.16% memiliki pendapatan perbulan sebesar Rp 2.500.000–Rp 3.500.000 pendapatantersebut dikategorikan tinggi.Kata Kunci :Kondisi Sosial Ekonomi, Masyarakat Bajo

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...