Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mahasiswa fakultas sains pendidikan untuk menghasilkan karya ilmiah inovatif. Dapat dilihat melalui pelatihan PKM. Hal ini diduga terkait dengan implementasi pelatihan yang dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran umum siswa pelaksanaan pelatihan PKM yang diselenggarakan oleh BEM FIP. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai populasi penelitian kuantitatif deskriptif: semua siswa yang menghadiri pelatihan PKM periode 2015, dan sampel sebanyak 40 orang. Teknik pemilihan sampel yang digunakan: Claster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan alat kuesioner dan teknik analisis yang digunakan adalah persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi siswa dalam pelatihan PKM merespon cukup baik terhadap pelaksanaan pelatihan PKM yang dilakukan BEM FIP, hal ini terkait dengan keseluruhan pelatihan peserta methods memikirkan lebih banyak teori peneliti dan waktu untuk PKM jika tidak kurang.Kata Kunci: Tanggapan Mahasiswa, Pelatihan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017