Jurnal Halaqah
Vol 1 No 2 (2019): JURNAL HALAQAH, Publishing April 2019

Gambaran Motivasi Intrinsik Peserta dalam Mengikuti Diklat di BBPPKS Regional I Sumatera, Padang

Yusna Yusna (Universitas Negeri Padang)
Vevi Sunarti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hasil belajar belajar peserta diklat di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Padang. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai peserta pre test post test peserta diklat. Peneliti menduga penyebab tingginya hasil belajar yaitu adanya motivasi intrinsik dari peserta diklat itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat gambaran motivasi intrinsik peserta dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di BBPPKS Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu semua peserta diklat Managemen Kessos bagi Pengelola LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) Swasta sebanyak 30 peserta diklat. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik sensus karena jumlah populasi tidak sampai 100, jadi semua populasi dijadikan responden sebanyak 30 orang yang merupakan utusan dari berbagai lembaga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk alat pengumpulan data berupa daftar pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan motivasi intrinsik peserta ketika mengikuti diklat BBPPKS di Padang adalah: (a) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari minat cukup tinggi (b) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari hasrat untuk belajar cukup tinggi (c) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari cita-cita dikatakan tinggi (d) motivasi intrinsik peserta diklat di BBPPKS Padang yang dilihat dari tujuan yang diakui dikatakan tinggi. Dapat dilihat dari sebagian besar peserta memberikan peryataan selalu. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan lembaga untuk dapat tetap memperhatikan kebutuhan peserta diklat agar peserta lebih termotivasi untuk mengikuti proses diklat.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

hal

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Halaqah (2685-6379) merupakan publikasi resmi komunitas literasi PAMA Aksara yang bernaung di bawah RC-INSTITUT. Edisi pertama jurnal ini diterbitkan pada tahun 2019 dalam versi online terbit empat kali dalam setahun pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Jurnal ini dimaksudkan sebagai ...