Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kepedulian peserta didik terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan modul pembelajaran sejarah berbasis Green History dalam pembelajaran guna meningkatkan kepedulian siswa terhadap lingkungan. Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation yang dikembangkan oleh Dick & Carry. Namun penelitian ini hanya bisa sampai tahan Implementationt. Subjek uji coba yaitu kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Padang. Sedangkan uji kelayakan dan praktikalitas berdasarkan penilaian dari ahli materi pelajaran sejarah, ahli materi Green History, ahli modul, guru mata pelajaran sejarah dan siswa dengan menggunakan angket. Hasil uji kelayakan modul dari segi materi pelajaran Sejarah Indonesia oleh ahli materi sejarah adalah 3.64 dengan kategori sangat layak. Hasil kelayakan modul dari segi materi Green History oleh ahli materi Green History adalah 3.56 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian modul sebagai sumber belajar oleh ahli modul adalah sebesar 3.44 dengan kaegori sangat layak. Uji praktikalitas modul oleh guru adalah sebesar 3.75 dengan kategori sangat praktis. Uji coba kepraktisan modul oleh siswa adalah sebesar 3.57 dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul pembelajaran sejarah berbasis Green History layak dan praktis digunakan untuk kelas XI SMA.
Copyrights © 2019