Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran bermain peran untuk melatih empati sejarah peserta didik pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi (Mixed Methods) dengan desain penelitian eksplanatoris sekuensial/Sequential Explanotory (kuantitatif-kualitatif). Hasil penelitian menunjukkan kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran bermain peran untuk melatih empati sejarah peserta didik pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” Kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman sudah tergolong “Baik”. Temuan penelitian ini menunjukkan pemahaman konteks sejarah (proses kognitif) peserta didik tergolong kategori “Baik” dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes soal pilihan ganda adalah 84.09. Kemampuan peserta didik memberikan perspektif sejarah (proses afektif) tergolong kategori “Baik” dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata tes soal esai adalah 85.27. Berdasarkan hasil keduanya, tes soal pilihan ganda dan soal esai diperoleh nilai rata-rata tes 84.68 berada di kategori “Baik”. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas persiapan (perencanaan) metode pembelajaran Bermain Peran pada materi “Peristiwa Bandung Lautan Api” tergolong “Baik” untuk melatih empati sejarah peserta didik kelas XI IPS 2 SMAN 1 Pariaman.
Copyrights © 2019