Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan Creative Problem Solving di kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang. Subjek dalam pene litian ini adalah seluruh siswa kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus pertama terdiri atas 5 kali pertemuan dan siklus kedua 5 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan dalam pene litian ini adalah observasi, angket dan tes . Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII - A SMP Negeri 3 Soreang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hal ini ditunjukkan oleh sebanyak 32 siswa atau 96 ,77% mengalami peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis berdasarkan skor total aspek kemampuan berpikir kritis matematis. Persentase rata - rata nilai tes mengalami peningkatan dari 53,71% pada siklus I menjadi 68,39% pada siklus II dan dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan Creative Problem Solving sudah baik dan sesuai dengan karakteristik nya . Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase rata - rata keterlaksanaan dari 83,33% pada siklus I menjadi 93,33% pada siklus II. Berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika kaitannya dengan kemampuan berpikir kritis ma tematis, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.
Copyrights © 2016