Sosiohumanitas: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora
Vol 17 No 2: Agustus 2015

Analisis Bullwhip Effect pada Rantai Pasok Batik Kalistania Solo

Nissa Rawindadefi (Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University)
Ratih Hendayani (Program Studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Telkom University)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Batik Kalistania adalah salah satu penghasil batik cap yang berdomisili di Laweyan, Solo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan Bullwhip Effect di Batik Kalistania. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dengan Judgement Sampling. Hasil penelitian yang dilakukan dengan wawancara terstruktur dengan Batik Kalistania menunjukkan bahwa variabel Bullwhip Effect seperti Demand Forecasting, Lead Time, Order Batching, Supply Shortage, dan Price Fluctuation merupakan penyebab Bullwhip Effect terjadi di perusahaan ini.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

sosiohumanitas

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Sosiohumanitas Journal aims to provide scientific information on the results of research, which is focused on the professional practice of education, development of children education and case studies. It's key mission is to keep professionals, students, and researchers informed about recent issues ...