Pengembangan modul menulis feature telah diteliti berdasarkan Kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini digunakan untuk mengembangkan produk penelitian berupa modul pembelajaran menulis feature yang digunakan padatingkat sekolah menengah atas(SMA). Penelitian ini menggunakan teori Martin Tessmer dan Benny. Data dikumpulkan dengan melakukan pretest kepada siswa, melalui angket, wawancara, dan menganalisis kebutuhan siswa serta guru terhadap modul menulis feature. Modul dikembangkan dengan pendekatan saintifik. Setelah dikembangkan, modul divalidasi dan direvisi, kemudian diujicobakan. Uji coba dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu one to one,small group, dan field test. Setelah uji coba tersebut, dibagikan angket tentang kesan siswa selama menggunakan modul. Efek potensial modul diketahui dari hasil tes siswa berupa tes pilihan ganda dan esai. Penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan selama ini belum dapat membantu siswa untuk menulis feature. Setelah menggunakan modul menulis feature, ada efek potensial berupa peningkatan kemampuan menulis feature tanpa bimbingan guru.
Copyrights © 2016