Sirok Bastra
Vol 5, No 2 (2017): Sirok Bastra

ANALISIS WACANA KRITIS IKLAN KOMERSIAL MEIKARTA

Hotnida Novita Sary (PT Liputan Enam Dot Com)



Article Info

Publish Date
08 May 2018

Abstract

Dalam kurun waktu empat bulan pemasaran atau sejak Mei 2017, Meikarta berhasil mencatatkan penjualan yang fantastis. Terkait hal ini, peran iklan sangat krusial dalam pemasaran. Bahasa dalam iklan sebagai alat menyampai pesan memegang peran penting. Penelitian ini menggunakan pisau bedah analisis wacana kritis Fairclough (1989). Iklan Meikarta membandingkan kesuperioritasan mereka dibandingkan kota metropolitan lain, seperti Jakarta. Selain teks, iklan ini juga memakai deskripsi gambar, seperti warna gelap dan terang untuk membandingkan Meikarta dengan kota besar lain. Iklan ini banyak menggunakan kohesi repetisi untuk menanamkan pengaruhnya, seperti dalam kata kita dan lupa. Meikarta juga menanamkan ideologi bagi masyarakat kota besar bahwa kota metropolitan saat ini sudah tidak aman, kotor, dan macet. Dalam hal ini, Meikarta digadang-gadang menjadi solusi atas masalah tersebut.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sirokbastra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

SIROK BASTRA is a journal which publishes language literature and language literature education research, either Indonesian, local, or foreign research. All articles in SIROK BASTRA have passed the reviewing process by peer reviewers and edited by editors. SIROK BASTRA is published by Kantor Bahasa ...