Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t) dengan rumus polled varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Kabupaten Gianyar tahun pelajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh thitung (11,75) > ttabel (2,002).
Copyrights © 2018