Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 5 No 2 (2018)

PENERAPAN REAL WORLD PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN SETTING ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA SMA

Maria Yuliana Kua (STKIP Citra Bakti)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan pengaruh penerapan model pembelajaran real world problem solving menggunakan setting argumentasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan quasi experiment yang menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes berpikir kritis. Instrumen telah divalidasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji-T sampel berpasangan. Berdasarkan hasil implementasi model pembelajaran dapat diketahui bahwa real world problem solving menggunakan setting argumentasi berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...