Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh antaramedia pembelajaran LCD (Liquid Crystal Display) proyektor dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. 2) Untuk mengetahui pengaruh antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran LCD proyektor dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo. Sampel diambil sebanyak 71 siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket, tes dan dokumentasi. Angket dan tes sebelumnya diuji cobakan terhadap 34 siswa lalu diuji validitas Karl Pearson, dan uji reliabilitas Cronbach’s Alpha untuk angket, untuk tes ditambah dengan uji kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang positif media pembelajaran LCD proyektor dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo dengan sumbangan relatif 17,468% dan sumbangan efektif 3,84%. 2) Ada pengaruh yang positif antara minat belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo dengan sumbangan relatif 82,621% dan sumbangan efektif 18,17%. 3) Ada pengaruh yang positif antara media pembelajaran LCD proyektor dan minat belajar dengan hasil belajar mata pelajaran keselamatan dan kesehatan kerja siswa kelas X teknik gambar bangunan SMK Negeri 4 Sukoharjo dengan besarnya pengaruh media pembelajaran LCDproyektor dan minat belajar sebesar 22,0%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016