Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 2, No 1 (2016): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN INQUIRY BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 1 GENENG

Rahmat Fajar Asrofi (Unknown)
Sri Sumarni (Unknown)
Su katiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2016

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan prestasi siswa mata pelajaran Konstruksi Bangunan kelas X TGB 1 SMK Negeri 1 Geneng;(2) Efektifitas inquiry based learning untuk meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X TGB 1 yang berjumlah 33 siswa. Validitas data menggunakan isi dan konstruk sedangkan analisa data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan bantuan inquiry based learning dapat memperbaiki dan meningkatkan prestasi siswa ditinjau dari tahap prasiklus sampai tahap siklus II. Hasil pra siklus ranah afektif 6,06%, siklus 1 ranah afektif 36,36% dan pada siklus 2 sebesar 84,85%. Hasil pra siklus ranah psikomotor 3,03%, siklus 1 48,48% dan pada siklus 2 sebesar 87,88%. Hasil pra siklus ranah kognitif 33,33%, siklus 1 60,61% dan pada siklus 2 sebesar 75,76%. Ketuntasan prestasi siswa siklus 1 sebesar 24,24% dan siklus 2 sebesar 75,75%. Hal ini menunjukkanbahwa terjadi peningkatan prestasi siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...