Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 3, No 1 (2017): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Fajar Ayu Prabandani (Unknown)
Sri Sumarni (Unknown)
Abdul Haris Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2016

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD)melalui Lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam III siklus, setiap siklus meliputi tahap perencanaan (plan) , tahap pelaksanaan (do), tahap observasi, dan tahap refleksi (see). Subyek penelitian adalah siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017. Data diperoleh melalui observasi ranah afektif, psikomotorik, dan keaktifan siswa, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validasi data, sedangkan untuk analisa data menggunakan teknik analisis interaktif kualitatif. Kesimpulan penelitian adalah odel pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) melalui Lesson study dapat meningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Rencana Anggaran Biaya pada siswa kelas X A Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Sukoharjo.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...