Penelitian iniĀ  merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan pada pokok bahasan Segi Empat, dan mengetahui efektifitas model pembelajaran yang dikaitkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker, dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary, dan uji formatif. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Negeri 2 Sukadana TP 2018/2019. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan N-Gain. Hasil uji perorangan menunjukkan bahwa model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan.termasuk dalam ketegori baik. Hasil analisis data pada uji terbatas menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah diberikan model pembelajaran inquiry melalui penguatan berbasis permainan dengan kategori cukup efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019