Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia
Vol 1, No 01 (2018)

Analisis Personal Branding Selebgram Nonselebriti Akun Instagram @Lippielust

Dita Rachmawati (Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bandung 40257)
Dini Salmiyah Fithrah Ali (Universitas Telkom Jl. Telekomunikasi No. 1, Terusan Buah Batu, Bandung 40257)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2018

Abstract

Media sosial saat ini telah menjadi sarana dalam melakukan pemasaran maupun promosi baik barang, jasa, maupun personal khususnya salah satunya adalah Instagram. Untuk menjadi seorang selebgram dibutuhkan personal branding yang kuat, memiliki kekhasan, dan berbeda dari selebgram lainnya agar mempunyai eksistensi dan bertahan lama sebagai seorang selebgram di media sosial Instagram. Rissa merupakan seorang selebgram bukan selebriti, yang disebut selebgram nonselebriti. Personal Branding yang dilakukan Rissa menjadikannya sebagai endorser dan berhasil bekerja sama secara project professional dengan banyak brand dalam negeri maupun luar negeri. Rissa menjadi selebgram dengan fokus spesifik yaitu beauty yang lebih mengarah kepada lipstick. Penelitian ini membahas bagaimana kriteria Personal Branding selebgram nonselebriti. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan indikator 11 kriteria  Authentic Personal Branding menurut Rampersad. Hasil penelitian ini, Personal Branding yang dilakukan Rissa memiliki kepribadian yang memiliki karakter, nilai-nilai, visi yang sesuai dengan ambisi pribadi, kode moral dan perilaku, konsisten, berfokus pada satu bidang, diakui dan berpengalaman, unik, terhubung dengan khalayak, memiliki hubungan yang baik dengan partner pekerjaan, dan selalu melakukan perbaikan diri dalam akun Instagram @lippielust.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

WartaISKI

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is for publications focusing on social life in which communication occurs through the use of various media. The manuscripts to be published include the results of research, theoretical thinking, and the study of various phenomena of human life in communication. As a scientific ...