Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia
Vol 2 No 1 (2017)

PENGARUH MANAJEMEN MUTU LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK

Sudodo, Yandri (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan mutu terhadap kepuasan siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Besar. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 200 siswa yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Data diperoleh melalui kuesioner yang telah diujicobakan dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach dan dianalisis dengan analisis regresi berganda. Tingkat signifikansi adalah 5%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan: (1) pelayanan keandalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan siswa (t = 1,729; p = 0,085). (2) Pelayanan responsif tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan responden (t = 1.917; p = 0,057). (3) Pelayanan penjaminan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa (t = 2,064; p = 0,040). (4) Pelayanan empati memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa (t = 2.703; p = 0,007). (5) Pelayanan berwujud memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan siswa (t = 9.020; p = 0.000). (6) Layanan keandalan, layanan responsif, layanan jaminan, layanan empati, dan layanan nyata berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan siswa (F = 50,026; p = 0,000). Kata Kunci: Pelayanan Keandalan, Pelayanan Responsif, Pelayanan Kepastian, Pelayanan Empati, Pelayanan Berwujud, Kepuasan Peserta Didik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jebi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia adalah jurnal ekonomi profesional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Teknologi Sumbawa, mencakup semua aspek di lapangan - dari penekanan tradisional jurnal pada microtheory, hingga makroekonomi empiris dan teoritis. JEBI sangat berharga bagi para ekonom ...