Pemanfaatan teknologiuntuk pembelajaran di sekolah-sekolah pada umumnya berupa pembelajaran daring melalui akses internet. Namun, halini tidak dapat diterapkan di sekolah-sekolah terpencil atau sekolah kecil dengan keterbatasan sarana prasarana penunjang. Untuk itu, perlu dicarikan solusi pemanfaatan teknologi lain yang lebih sederhana dan dapat dijangkau dengan mudah. Salah satunya adalah melalui pemanfaatan ponseldalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penggunaan ponsel dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa di SMPN 4 Rantau Panjang, Ogan Ilir. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus., dilaksanakan pada bulan Juli—Agustus 2015 di kelas VII.Dari hasil didapatkan bahwa pada siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 65% sedangkan pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan ponsel dalam pembelajaran ternyata mampu meningkatkan hasil pembelajaran yang cukup signifikan.
Copyrights © 2017