Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA
Vol 3, No 2 (2019): Vol 3, No 2 (2019)

Pedation (Pedagogy of Earthquake Risk Reduction) sebagai Upaya Peningkatan Kesiapsiagaan Gempa Bumi untuk Anak-anak di Bantul

Yustia Pramesti (Yogyakarta State University)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

AbstrakPEDATION merupakan program kreativitas mahasiswa pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi untuk anak-anak di SD Muhammadiyah Kalinampu II melalui 6 modalitas pembelajaran bencana. Modalitas pembelajaran ini terdiri atas interactive learning, affective learning, inquiry learning, action learning, surrogate experiential learning, dan field experiential learning.  Langkah-langkah teknis meliputi persiapan umum, membuat matriks pelaksanaan, tahap pelaksanaan, evaluasi, dan tindak lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah : 1) meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi di SD Muhammadiyah Kalinampu II dari 35% menjadi 73%, 2) terbentuknya media pembelajaran modul, buku saku, poster, dan artikel ilmiah.Kata kunci: gempa bumi, modalitas pembelajaran, kesiapsiagaan AbstractPEDATION is a society dedication student creativity program that aims to improve earthquake preparedness for children in SD Muhammadiyah Kalinampu II through 6 disaster learning modalities. This learning modality consists of interactive learning, affective learning, inquiry learning, action learning, surrogate experiential learning, and field experiential learning. Technical steps in this activity include general preparation, making the implementation matrix, implementation phase, evaluation, and follow-up. The results of this activity are: 1) increasing earthquake preparedness in SD Muhammadiyah Kalinampu II from 35% to 73%, 2) the formation of learning media: modules, pocket books, posters, and scientific articles.Key words: earthquake, learning modalities, preparedness

Copyrights © 2019