Literasi : Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol 10, No 1 (2019)

Penerapan Model Project Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Kompetensi Desain Produk dan Pengemasan Karya Rekayasa Elektronika Praktis Di Kelas XII IPS2

Sihono Setyo Budi (Madrasah Aliyah Negeri Wates 1 Kulon Progo)



Article Info

Publish Date
23 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui mengetahui apakah  Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas    dan prestasi belajar di kelas XII IPS2  MAN I Kulon progo. Subyek penelitian ini adalah siswa MAN Wates I  Kulon Progo kelas XII IPS2  sebanyak 30 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan lembar obsevasi, analisa data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Dari analisa ditemukan bahwa Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas  dan prestasi belajar.  Terlihat terdapat peningkatan yang signifikan antara  siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata  kreatifitas belajar pada siklus I  sebesar 55 dan  pada  siklus II sebesar 72 dan siklus III sebesar 76.  Presasi belajar juga mengalami  peningkatan yang signifikan antara  siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata  prestasi belajar  pada siklus I  sebesar 68,33,  pada  siklus II sebesar 71,25 dan siklus III sebesar 74,86. Capaian proyek yang dilaksanakan siswa   juga mengalami  peningkatan,  pada siklus I sebesar 85,6 %,  siklus II sebesar 88,9 % dan siklus III sebesar 92,2%.  Kata Kunci : Model Project Based Learning, Kreatifitas  Belajar, Prestasi Belajar  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LITERASI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and scope; Educational curriculum studies Subject matter studies Instructional media and educational aid Instructional methods and strategies Techer competence Psyco-socioanthropology studies Educational system managemant Educational character, gender and ...