Penelitian ini betujuan untuk mengetahui mengetahui apakah Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar di kelas XII IPS2 MAN I Kulon progo. Subyek penelitian ini adalah siswa MAN Wates I Kulon Progo kelas XII IPS2 sebanyak 30 siswa. Data diperoleh dengan menggunakan lembar obsevasi, analisa data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Dari analisa ditemukan bahwa Model Project Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreatifitas dan prestasi belajar. Terlihat terdapat peningkatan yang signifikan antara siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata kreatifitas belajar pada siklus I sebesar 55 dan pada siklus II sebesar 72 dan siklus III sebesar 76. Presasi belajar juga mengalami peningkatan yang signifikan antara siklus I, siklus II dan siklus III. Jumlah skor rata-rata prestasi belajar pada siklus I sebesar 68,33, pada siklus II sebesar 71,25 dan siklus III sebesar 74,86. Capaian proyek yang dilaksanakan siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 85,6 %, siklus II sebesar 88,9 % dan siklus III sebesar 92,2%. Kata Kunci : Model Project Based Learning, Kreatifitas Belajar, Prestasi Belajar
Copyrights © 2019