Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2019): juli 2019

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA

Siteri, Ni Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ubud di kelas XI P. MIPA 2 yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Seni Budaya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XI P. MIPA 2 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 66,18, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,60 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,84. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar Seni Budaya siswa kelas XI P. MIPA 2 SMA Negeri 1 Ubud. Kata kunci:         model pembelajaran Make A Match, Prestasi Belajar Seni Budaya

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...