Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2019): juli 2019

PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR DAPAT DITINGKATKAN MELALUI OPTIMALISASI PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL (SMALL GROUP DISCUSSION)

Anggreni, Ni Luh Oka (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan setelah optimalisasi penerapan diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion). Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh dimana nilai rata-rata Bahasa Indonesia yang pada awalnya 64,21 meningkat menjadi 73,77 pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi mencapai 80,70. Jumlah siswa yang mampu memenuhi KKM pada siklus I 58 % meningkat menjadi 95 % pada siklus II. Sebagai kesimpulan bahwa optimalisasi penerapan metode diskusi kelompok kecil (Small Group Discussion )dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2016/2017 SD Negeri 11 Sesetan. Kata kunci: Prestasi Belajar Bahasa Indonesia, Metode Diskusi Kelompok Kecil (Small Group Discussion)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...