Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 1, No 3 (2018)

Hubungan Antara Kreativitas Siswa dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 X Koto Di Atas Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 2017/2018

Endang Mayora (IAIN BUKITTINGGI)
Junaidi Junaidi (IAIN BUKITTINGGI)
Rusdi Rusdi (IAIN BUKITTINGGI)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan siswa masih berfikiran konvergen. Rendahnya hasil belajar siswa in dimungkinkan ada hubungan dengan kreativtas siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan sifat Ex Post Facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 X Koto Di Atas Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 20172018 yang terdiri dari 77 siswa. Data pada penelitian ini berupa  skor angket kreativitas dan nilai akhir matematika siswa kelas VIII. Teknik analalisis data yang digunakan dengan uji Z. Hasil penelitian ini diperoleh dan , pada taraf nyata . Hal ini menunjukkan bahwa  yang berarti bahwa H0 ditolak atau H1 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Kreativitas siswa dengan hasil belajar matematika siswa Kelas VIII SMP N 1 X Koto Di Atas Kabupaten Solok Tahun Pelajaran 20172018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...