Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Proses pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara konvensional ternyata menghasilkan kemampuan penyerapan ilmu yang masih rendah. Hal ini terbukti dari ketuntasan belajar siswa Kelas XII AP2 Semester I SMK Negeri 4 Bangli Tahun Pelajaran 2016/2017 baru mencapai 21 %. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian dengan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 67,68, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 71,43, dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 79,11. Kesimpulan akhir yang dapat disampaikan adalah bahwadengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata Kunci: Problem Based Learning, Penugasan Mencontoh, Prestasi Belajar
Copyrights © 2019