Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2019): juli 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FASILITATOR AND EXPLANING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA HINDU

Parsa Ananta, I Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Agama Hindu siswa kelas IXC semester genap SMP Negeri 2 Kubu setelah diterapkannya model pembelajaran SFE. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXC SMP Negeri 2 Kubu yang terdiri dari 42 orang siswa, 25 siswa laki-laki dan 17 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus. Setiap Siklus terdiri dari 3 kali pertemuan yang didalamnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pemantauan, serta refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SFE dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 73 dengan tingkat ketuntasan belajar 55% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 85 dengan tingkat ketuntasan belajar 95%. Kata Kunci : Model pembelajaran SFE dan hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...