Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 2 (2019): juli 2019

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA DAERAH BALI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW)

Raka Kartika, Gusti Ayu Putu (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ubud di kelas XI P IPS 1  yang kemampuan siswanya untuk pelajaran Bahasa Daerah Bali cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas XI P IPS 1 ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,16, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,58 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 78,33. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Daerah Bali siswa kelas XI P IPS 1  SMA Negeri 1 Ubud. Kata kunci:      Model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), Prestasi Belajar Bahasa Daerah Bali

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...