Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2, No 1 (2019): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PEMBINAAN KESADARAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HISTORIS PADA SISWA SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Marzuki Ahmad (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Dwi Putria Nasution (SMA Negeri 2 Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

Tujuan khusus kegiatan pengabdian ini adalah untuk membangun kesadaran belajar matematika melalui pendekatan historis pada siswa SMA Negeri 6 Padangsidimpuan sehingga mampu mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Metode pelaksanaan kegiatan menggadopsi pola kegiatan perencanaan,  pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi. Untuk  dapat meningkatkan kesadaran belajar matematika siswa dilakukan pembelajaran matematika dengan pendekatan historis. Kesadaran belajar matematika siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang ditinjau dari aspek prilaku, kebiasaan, gaya belajar dan kepribadian belajar siswa melalui pendekatan historis dapat meningkat. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata rata hasil awal angket kesadaran belajar siswa (73,79) berada dalam kategori sedang dan nilai rata rata akhir angket kesadaran siswa (79,41) berada dalam kategori baik. Kegiatan  pengabdian  dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan historis memberi   manfaat  bagi  siswa  karena siswa lebih memahami materi matematika yang dipelajari, siswa merasa sangat berminat dan siswa lebih senang dalam kegiatan pembelajaran matematika.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...