Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online

Penerapan Model Pembelajaran Question Student Have (QSH) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah di SMA Labschool UNTAD Palu

Gasseng, Santi (Unknown)
Nuraedah, Nuraedah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIA 3 SMA Labschool UNTAD Palu mata pelajaran sejarah. Tujuannya untuk mengetahui apakah melalui model pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di Kelas X MIA 3. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I aspek yang diamati memproleh skor nilai sebesar 77. Siklus II menunjukkan nilai perolehan dari observer (guru) sebanyak 85. Tindakan I hasil penilaiannya yaitu 84, pertemuan II tindakan 2 dengan perolehan observasi dari guru dengan nilai sebesar 85.  Siklus III, dalam tindakan I, II serta ke III, peneliti bertindak sebagai mediator siswa. Adapun tes yang diberikan adalah tes esai sebanyak 5 nomor. Untuk mengetahui hasil tes tindakan pada siklus III, banyak siswa yang tuntas  28 orang (100%), dengan skor tertinggi 99, skor terendah 90, dengan demikian ketuntasan belajar klasikal 100%. Jadi hasil dari tes siklus III menandakan bahwa penelitian ini memiliki keberhasilan yang sangat signifikan. Dengan demikian hasil Refleksi menunjukkan bahwa: siswa memahami materi yang diajarkan guru,  dimana siswa mampu bekerja bersama di kelas, siswa memiliki kemampuan dan keterampilan bertanya, siswa mampu berfikir kritis, siswa mampu mengeluarkan ide, siswa terlatih memecahkan  masalah secara individu maupun kelompok.

Copyrights © 2019