Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 7, No 2 (2019): Jurnal Kreatif Online

Implentasi Model Pembelajaran Discovery Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Banawa

Silfiaty, Silfiaty (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas X  MIPA 2 SMA Negeri 1 Banawa dengan mengimplementasiak penggunaan model Pembelajaran Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Banawa di kelas X MIPA 2. Jumlah siswa  adalah 32 orang, yang terdiri 23 orang siswa perempuan dan 9 orang siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus kegiatan pembelajaran yang masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi terhadap hasil tindakan. Dari hasil tindakan pada siklus I terdapat 23 orang siswa dari 32 jumlah siswa yang tidak tuntas belajar dengan persentase daya serap klasikal 71,04% dan ketuntasan klasikal mencapai 58%. Berdasarkan indikator kinerja, penelitian tindakan pada siklus I belum mencapai ketuntasan belajar yang telah ditentukan sehingga perlu ditindak lanjuti ke siklus II. Pada siklus II persentase daya serap klasikal mencapai 85,31 dan persentase ketuntasan klasikal siswa telah mencapai 100%. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas ini, dapat disimpulkan bahwa inplementasi penerapan model pembelajaran Based Learning dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X  MIPA 2 SMA Negeri 1 Banawa

Copyrights © 2019