Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 6, No 4 (2018): Jurnal Kreatif Online

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Santigi Mata Pelajaran IPA melalui Metode Inquiri

Samsinar, Samsinar (Unknown)
Jamhari, Mohamad (Unknown)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Santigi mata pelajaran IPA melalui metode Inquiri dengan jumlah siswa 28 orang terdiri dari 13 orang laki – laki dan 15 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data kualitatif dan kuantitatif, maka dapat diketahui bahwa hasil observasi kegiatan siswa dan guru pada siklus I masih mencapai kategori cukup , dan hasil evaluasi siklus I, jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar secara individu mencapai 22 orang dari 28 orang siswa sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 78,57 %. Namun pada siklus 2 telah mengalami peningkatan karena hasil observasi kegiatan siswa dan guru mencapai kategori baik .  dan hasil evaluasi siklus 2, jumlah yang dinyatakan tuntas belajar secara individu mencapai 26 orang dari 28 orang siswa, sehingga diperoleh hasil ketuntasan belajar klasikal mencapai 92,86 %. Dengan demikian indikator kinerja yang ditetapkan dalam penelitian ini telah tercapai sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan pada siklus berikutnya.

Copyrights © 2018