Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru agar mampu mewujudkan siswa SMP Negeri 3 Madiun unggul dalam prestasi. Program yang dilaksanakan adalah lesson study yang dikombinasikan dengan kegiatan supervisi, maka istilah yang dipakai dalam best practice ini adalah open class. Best Practice ini dilaksanakan selama 3 bulan, kegiatannya berupa pelaksanaan open class itu sendiri dan pengumpulan data. Pelaksanaan open clas terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah semua guru di SMP 3 Madiun. Data diperoleh dengan 3 cara yaitu pengisian kuisioner tentang guru hebat oleh siswa, pengamatan oleh kepala sekolah, dan wawancara dengan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan. Analisis data menggunakan model alur, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan : open class dapat meningkatkan kualitas guru menjadi guru hebat yang ditandai dengan 4 komponen, yaitu Kompeten dalam bidang ajarnya, kreatif dalam menyajikan pembelajaran, antusias, dan peduli pada setiap keadaan siswa. Dari pengolahan dan analisis data ditarik kesimpulan bahwa kualitas guru meningkat dibandingkan dengan kualitas mereka sebelum dilaksanakan open class. Jumlah guru yang masuk kriteria guru hebat, naik dari 17 orang atau 50% menjadi 28 orang atau 82%.
Copyrights © 2019