Latar Belakang :Keberhasilan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dapat diwujudkan salah satunya melalui ketepatan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pembelajaran, Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia adalah mengadakan perbaikan kurikulum dari Teacher Centered Learning ke Student Centered Learning adalah dengan menggunakan metode tutorial. Pada hakekatnya peran mahasiswa dalam tutorial adalah suatu proses diskusi kelompok yang memerlukan keterampilan manajemen. Keberhasilan dari diskusi tutorial sangat dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam tutorial seven jump. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tutorial seven jump terhadap peningkatan kemampuan afektif mahasiswa. Metode Penelitian : Desain penelitian Quasi exsperiment dengan rancangan Pre and post test without control (control diri sendiri). Teknik sampel dengan total sampling yaitu 100 mahasiswa prodi SI keperawatan tingkat I. instrument yang dipakai adalah observasi checklist. Hasil penelitian diuji dengan paired sample t-test Hasil Penelitian :Penilaian Penilaian afektif setelah dilakukan metode pembelajaran PBLtutorial seven jump.pada tutorial 1 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 65% dengan kategori cukup. Penilaian afektif tutorial 2 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 64% dengan kategori baik.Sedangkan pada penilaian afektif tutorial 3 didapatkan prasentase tertinggi dengan nilai 60% dengan kategori sangat baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017