Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbentuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphayang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode 4D. Yang terdiri dari 4 tahap yaitu yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang. Dengan menggunakan random samplingdiperoleh dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah 1. Pengembangan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphapokok materi sistem persamaan linear dua variabel valid dan praktis menurut ahli media, ahli materi, dan respon siswa.2. Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphalebih efektif dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran teacher center.
Copyrights © 2019