Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 1, No 5 (2019): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbantu Wolfram Alpha untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII

Iskandar, Bellinda Marsya (Unknown)
Purnomo, Djoko Purnomo (Unknown)
Sugiyanti, Sugiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan media pembelajaran berbentuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphayang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu metode 4D. Yang terdiri dari 4 tahap yaitu yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan),Development (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran).Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang. Dengan menggunakan random samplingdiperoleh dua kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, uji t dan uji ketuntasan belajar. Kesimpulan dari penelitian pengembangan ini adalah 1. Pengembangan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphapokok materi sistem persamaan linear dua variabel valid dan praktis menurut ahli media, ahli materi, dan respon siswa.2. Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbantuk lembar kegiatan siswa berbantu Wolfram Alphalebih efektif dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran teacher center.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...