MES: Journal of Mathematics Education and Science
Vol 2, No 2: April 2017

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Sri Yunita Ningsih (Unknown)
Suci Andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine differences in the ability of understanding mathematical concepts eighth grade junior high school 3 Lala River. This is the kind of research is a Quasi Experiment, design Nonequivalen control group design. Data analysis techniques in this test using normality test, homogeneity and hypothesis testing. Based on the calculation hypothesis test showed significant values t_test = 1.619 t_table = 2.012. So it can be concluded that the ability of students' understanding of mathematical concepts with the application of Inside Outside Circle learning model is better than the ability of understanding mathematical concepts students by using conventional learning models in class VIII School SMP Negeri 3 Sungai Lala.Keywords: Inside Outside Circle, Understanding of Mathematical ConceptAbstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala. Jenis penelitian ini adalah adalah Quasi Experiment, dengan desain Nonequivalen control grup desain. Teknik analisis data dalam pengujian ini menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis.  Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menunjukkan nilai signifikan  = 1,619  = 2,012. jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Inside Outside Circlelebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Sungai Lala.Kata Kunci: Pemahaman Konsep dan Inside Outside Circle

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mesuisu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MES (Journal of Mathematics Education and Science) diterbitkan secara berkala pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini membahas tentang kajian dibidang pendidikan matematika, pembelajaran matematika berbasis ICT dan ...