JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 1 (2018): JPMI

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK SISWA SMP MELALUI PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING

Amalia Septiani Hermawan (Student of Mathematics Education STKIP Siliwangi)
Wahyu Hidayat (IKIP Siliwangi)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan penalaran matematik siswa SMP yang masih sangat rendah. Pentingnya kemampuan tersebut karena merupakan salah satu tujuan dalam pembelajaran matematika. salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa adalah pembelajaran yang menggunakan pendekatan penemuan terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengamati dan menelaah pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa, mengamati dan menelaah peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan pretes dan postes kelas eksperimen dan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Cimahi. Sampel diambil hanya dua kelas secara purposive sampling yaitu kelas VII j sebagai kelas eksperimen dan kelas VII i sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pencapaian kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui  pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa, Peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa SMP melalui pendekatan penemuan terbimbing lebih baik daripada pembelajaran biasa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...