Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMK kelas XI dan menelaah kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal-soal tes mengenai materi peluang. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 32 orang. Bentuk pengambilan data yaitu pemberian 5 soal uraian dan wawancara pada subjek terpilih. Berdasarkan hasil analisis, nilai rata-rata dari keseluruhan soal instrumen kemampuan berpikir kreatif matematik memperoleh 96% dan 77% untuk indikator berpikir lancar dalam melahirkan gagasan/cara mengerjakan yang berbeda, 45% untuk indikator berpikir orisinil dalam menggabungkan jawaban yang berbeda dari bagian-bagian soal untuk diuraikan, 95% untuk indikator berpikir elaboratif dalam mengembangkan suatu gagasan/produk, dan 79% untuk indikator berpikir luwes dalam menganalisis suatu masalah dari segi pandang yang bermacam-macam sehingga jika ditotal dan dirata-ratakan mencapai 78%. Maka kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMK kelas XI tergolong sedang.berpikir kreatif matematik, peluang       
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018