JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
Vol 1, No 2 (2018): JPMI

ANALISIS KARAKTERISTIK LEARNING OBSTACLE SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR

Rismawati, Yunita (Unknown)
Nurlitasari, Lita (Unknown)
Kadarisma, Gida (Unknown)
Rohaeti, Euis Eti (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2018

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik learning obstacle yang terjadi pada siswa SMP saat mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematika dengan materi bangun datar. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemologi obstacle. Metode Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif  dengan 3 sampel siswa (dari kemampuan rendah, sedang dan tinggi) dari salah satu sekolah di Kota Cimahi, instrumen penelitian ini berupa seperangkat tes pada materi bangun datar dan pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa karakteristik learning obstacle yang terjadi kebanyakan epistemologi obstacle yaitu keterbatasan koteks yang dimiliki siswa, sedangkan didactical obstacle hanya sebagian kecil yang mengalaminya dan tidak ada siswa yang mengalami ontogenic obstacle dalam menyelesaikan soal

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpmi

Publisher

Subject

Mathematics

Description

JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education on current science issues, namely: 1. Mathematics educator in elementary, secondary and high school level 2. Mathematics observers and researchers ...