SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Vol 5 No 1 (2019): Februari

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI STRATEGI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rika Apriani (Pascasarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2019

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melaui strategi mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes menulis narasi dan dokumentasi yang dilakukan untuk mengukur efek pelaksanaan tindakan terhadap kemampuan menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Kelapa Gading Timur 03 Jakarta Utara tahun ajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sciencetech

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemistry Computer Science & IT Engineering Materials Science & Nanotechnology

Description

Jurnal SCIENCE TECH adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, praktisi, mahasiswa dan masyarakat luas yang memiliki perhatian terhadap ...