CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya
Vol. 4 No. 2 (2016): Calyptra : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya (Maret)

PEMBUATAN AUDIO FILM ANIMASI 3D PENYALIBAN YESUS

Dio Chrisputra Oetomo (Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2015

Abstract

Dalam setiap kehidupan sehari-hari kita banyak sekali mendengar suara. Dalam kegiatan apapun yang kita lakukan pasti akan menimbulkan suatu suara. Dalam berbagai bidang media juga memerlukan suara untuk membuat sesuatu lebih menarik. Seperti dalam dunia film animasi, audio adalah hal yang sangat penting dimana audio akan dapat mempengaruhi audience yang melihat suatu film akan masuk kedalam film tersebut. Untuk anak-anak SD audio dalam sebuah film animasi pun sangat penting agar anak-anak dapat mengerti suatu film dengan lebih mudah dengan adanya audio tersebut. Audio dalam film dibagi menjadi 3, yaitu score, dubbing, dan sound effect. Score adalah penentu utama dalam menentukan emosi dalam suatu film. Musik ternyata dapat membuat pendengarnya berespon sesuai dengan musik yang didengar, maka dari itu peran psikologis cukup mempengaruhi sang pendengar untuk bertindak atau berespon terhadap musik yang di dengar. Musik dapat meningkatkan, mengubah emosi, dan aspek spiritual (Djohan, cited in Sloboda 1999). Pembuatan audio dari score, dubbing, dan sound effect ini menggunakan software Pro Tools MP 9. Audio dari film animasi 3d “Penyaliban Yesus” ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi. Dengan mengujicobakan kepada 10 anak berkisar antara kelas1-6 SD. Pada tahap verifikasi audio yang telah digabungkan dengan film diputar dari awal hingga akhir apakah semua scoring, dubbing, dan sound effect yang telah dibuat tepat penempatannya dan dapat mendukung film animasi 3d “Penyaliban Yesus”. Pada tahap validasi dilakukan wawancara terhadap 10 orang anak yang berkisar antara kelas1-6 SD dengan cara anak-anak tersebut hanya diperdengarkan audio saja tanpa melihat film dan diberikan beberapa pertanyaan mengenai suasana, adegan, dan waktu yang ada pada tiap scene. Setelah selesai, 80% anak-anak tersebut mengerti jalan cerita, suasana, dan waktu yang ada pada tiap scene dalam film tersebut.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jimus

Publisher

Subject

Education

Description

CALYPTRA : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya merupakan kumpulan artikel yang ditulis oleh mahasiswa Universitas Surabaya. ISSN ...