Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching
Vol 8, No 1 (2019)

MODEL TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMECAHANAN MASALAH

Ika Novianti (Unknown)
Riawan Yudi Purwoko (Unknown)
Bambang Priyo Darminto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran snowball throwing dengan talking stick antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah. Selain itu, peneliti juga menganalisis interaksi antara model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan. Penelitian ini dapat mengembangkan keterampilan siswa pada pemecahan masalah. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan VII B SMP, dengan metode pengumpulan  data  ialah  angket, tes pemecahan masalah, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji keseimbangan. Uji hipotesis yang digunakan adalah ANAVA dua jalan sel tak sama. Berdasarkan tahapan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa (1) tidak ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara pembelajaran talking stick dengan snowball throwing, (2) ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok self efficacy tinggi, sedang, dan rendah, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

eduma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

EDUMA scientific journal is a publication containing the results of research, development, studies and ideas in the field of Mathematics Education. Firstly published in 2009 and has been listed on PDII LIPI on May 10, 2012. Based on decree number 21/E/KPT/2018, EDUMA was has been accredited by ...