Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam
Vol 8, No 1 (2019): Januari - Juni 2019

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SD IT NUR IHSAN MEDAN

Arlina Arlina (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)
Amanah Kesuma Dewi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam membina kecerdasan emosional siswa di SD IT Nur Ihsan Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memakai metode naturalistik. Tehnik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verifikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Temuan penelitian ini menunjukkan: Implementasi Pendidikan Agama Islam dalam Membina Kecerdasan Emosional Siswa di SD IT Nur Ihsan Medan dapat ditemukan bahwa: (1) Kepedulian sosial melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Berbagi Makanan, dan (b) Menyalami Guru Ketika Berpapasan;  (2) Kesadaran Diri melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Petugas Shalat Berjamaah, dan (b) Merapikan Koridor Setelah Makan Bersama; dan (3) Kecerdasan Spritual melalui beberapa kegiatan pembiasaan sebagai berikut: (a) Infaq Jum’at, (b) Membiasakan Berdoa, dan (c) Shalat Dzuhur Berjamaah

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tazkiya

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Focuses on providing opportunities for researchers in the field of education, especially the results of research and research that are relevant to Islamic Education to be published. As for the scope of Islamic Education that is meant is: Islamic Education Islamic Education Management History of ...