Jurnal Manajemen Pemasaran
Vol. 13 No. 2 (2019): OCTOBER 2019

PENGARUH ANGER TRAITS, ANXIETY TRAITS, DAN FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI

Jesseline Violeta (Program Studi Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia)
Nanik Linawati (Program Studi Manajemen Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya 60236, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh anger traits, anxiety traits, dan faktor demografi terhadap keputusan investasi. Keputusan investasi terdiri dari pengalaman investasi, stock trend predictability, jumlah investasi, jangka waktu investasi, pilihan investasi, preferensi risiko dan return, loss investment, dan gain investment. Sampel data yang diteliti adalah orang yang sudah berpenghasilan di Surabaya dan berusia produktif dan berjumlah 103 responden. Seleksi responden dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Metode analisis data dilakukan dengan menggunakan Hierarchical logistic regression dan Hierarchical Multiple Regression. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anger traits berpengaruh signifikan terhadap seluruh variabel dalam Keputusan Investasi. Variabel anxiety traits berpengaruh signifikan terhadap pengalaman investasi, stock trend predictability, pilihan investasi, preferensi risiko dan return, loss investment, dan gain investment. Variabel anxiety traits tidak berpengaruh signifikan terhadap preferensi risiko dan return investasi. Selain itu, keputusan investasi juga dipengaruhi oleh faktor demografi seseorang (jenis kelamin, usia, dan pendapatan). Pada faktor demografi, pendapatan adalah faktor yang secara tetap mempengaruhi pembuatan keputusan investasi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mar

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Managemen Pemasaran dipublikasikan secara berkala setiap tahun oleh Program Studi Manajemen Pemasaran Universitas Kristen Petra Surabaya. Tujuan Jurnal Manajemen Pemasaran adalah: 1. Menyebarluaskan pengetahuan, penemuan, dan pengembangan ilmu pemasaran secara teori maupun praktis melalui ...