Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
Vol 6, No 2 (2017): Desember

REFLEKSI PEACE-EDUCATION DALAM TRANSFORMASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM (Solusi Alternatif Resolusi Konflik Melalui Pendidikan Formal)

Unik Hanifah Salsabila (STIT Madani Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Pada konteks pendidikan Islam, kurikulum merupakan planning of learning dari tataran idea yang terbingkai dalam integritas antara hal-hal yang profan maupun sakral untuk mengkonstruk manusia menjadi hamba yang bertakwa. Adapun dialektika dan persinggungan pendidikan Islam terhadap berbagai jenis konflik kekerasan sekaligus performa kurikulum pendidikan Islam yang memegang konsep continuing education dan lifelong learning itulah, yang kemudian mengharuskan adanya upaya rekonstruksi melalui eksplorasi konsep peace building yang bersumber pada Alquran dan hadis. Dalam tradisi Islam klasik, konsepsi tentang peace-education tersebut telah dipraktikkan oleh Nabi sesuai dengan konteks zamannya pada waktu itu. Sehingga menjadi tugas berkelanjutan dari praktisi pendidikan untuk menderivasikan konsepsi tersebut ke dalam transformasi kurikulum pendidikan Islam praksis di lembaga pendidikan formal.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

almanar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah ...