Al-Manar : Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam
Vol 7, No 1 (2018): Juni

TEORI EKOLOGI BRONFENBRENNER SEBAGAI SEBUAH PENDEKATAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Unik Hanifah Salsabila (STIT Madani Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2018

Abstract

Salah satu tantangan terbesar bagi pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam ialah pada ranah internalisasi nilai dalam menumbuhkan karakter dan habit peserta didik, sehingga materi Pendidikan Agama Islam tidak sekedar berorientasi pada aspek kognitif semata. Adapun realitas adanya interelasi yang dinamis antara peserta didik dengan lingkungannya dalam berkontribusi terhadap tumbuhnya karakter dan habit tertentu dalam diri peserta didik, rupanya menjadi permasalahan sekaligus solusi bagi upaya internalisasi nilai tersebut. Dalam konteks ini, teori ekologi perkembangan Brofenbrenner membantu mengkaji efektifitas pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam secara tersistem dan terpola di lingkup satuan pendidikan dengan memanfaatkan subsistem sekolah sebagai lingkungan mikrosistem terdekat dalam keseharian peserta didik.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

almanar

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

Jurnal AL Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam ini harus meliput tentang pendidikan Islam baik sebagai bentuk dakwah dengan integritas pendidikan sebagai realitas sosial yang dinamis dan terus berubah. Jurnal ini juga bertujuan menjembatani kesenjangan antara pendidikan Islam dan dakwah ...