Media Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2015)

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS DI MAN 1 MATARAM

Indrajaya, Indrajaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Kurangnya respon siswa dalam belajar matematika disebabkan pasifnya siswa dalam proses pembelajaran berlangsung sehingga siswa menganggap mata pelajaran matematika adalah mata pelajaran yang sulit untuk dipahami. Adapun penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus, selanjutnya adapun  tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan cooperative learning tipe index card match dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fungsi komposisi dan fungsi invers di MAN 1 Mataram. Sedangkan hasil analisis dalam penelitian menunjukan bahwa terdapat pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal 78,79%  dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 69,78 dan nilai rata-rata respon belajar siswa  dengan kategori Cukup, selanjutnya pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan klasikal 87,89%  dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 78,94 dan nilai rata-rata respon belajar siswa dengan kategori Baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Cooperative Learning Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok fungsi komposisi dan fungsi invers.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...