Media Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2014)

KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BERDASARKAN GENDER

Rizki, Heru Tri Novi (Unknown)
Anwar, Yunita Septriana (Unknown)
Suhaedi, Saefudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 8 Mataram dengan sampel 100 siswa. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik Stratified Random Sampling dan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi , uji hipotesis dan koreksi Yates dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan analisis data dan interpretasi hasil penelitian dari observasi, penyebaran angket dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prestasi belajar matematika berdasarkan gender di SMP Negeri 8 Mataram. Hal ini didasarkan pada pengujian hipotesis yang menyatakan bahwa dari uji ? diperoleh ?hitung = ?1,06 dan ??abel = 1,668 sehingga ?hitung < ?tabel dan dengan koreksi Yates diperoleh ?2 hitung = 0,029 dan ?2 tabel = 3,341 sehingga ?2 hitung < ?2 tabel. Dengan demikian dapat diartikan bahwa ?0 diterima dan ?? ditolak.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

MPM focuses on publishing articles related to research results as well as the results of literature studies on mathematics education. This type of research can be in the form of classroom action research, experiments, qualitative research or other research. The results of the study can be the ...